Pada zaman dahulu sebelum internet berkembang, media cetak dan media televisi merupakan media yang cukup mempengaruhi pemikiran banyak orang. Namun seiring berkembangnya zaman, trend pun berubah, internet pada saat ini turut berkontribusi dalam mempengaruhi pemikiran orang.
Pada tahun 2008, pengguna media internet di Indonesia saja sudah mencapai 35 juta orang, pada tahun 2010 ini, pengguna internet diperkirakan sudah mencapai 50 juta orang. Bertambahnya pengguna internet dari tahun ke tahun disebabkan oleh beberapa faktor yakni ; Pertama, tarif internet yang relatif cukup murah. Apalagi saat ini, jika kita ingin mengakses web, bisa langsung dari telepon genggam. Sangat praktis dan tarifnya pun sangat murah. Kedua, jaringan internet yang sudah menglobal. Dengan tarif yang cukup murah, kita sudah bisa berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia, contoh : chatting atau facebook ( sebuah situs pertemanan global ), jadi jika kita membuat account disana kita sudah dapat berinteraksi dengan orang-orang di luar negara kita. Ketiga, teknologi internet mampu menampilkan semua jenis berita. Kita dapat mencari gambar, foto, video, ataupun kita juga dapat mendengar radio di internet. Keempat, pada saat ini iklan media online pun sudah mulai bertumbuh. Biro iklan mulai membangun divisi khusus untuk iklan online. Iklan-iklan online di internet juga dibuat sangat interaktif dan menarik. Kelima, akses mobile. Ketergantungan masyarakat saat ini sangat tinggi terhadap handphone, Terlebih lagi handphone sekarang menyediakan fasilitas untuk mengakses situs seperti facebook, twitter, dan lainnya. Namun, kembali lagi kita harus bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi tersebut dengan benar, sehingga dapat memberi dampak positif kepada kita.
Pada zaman sekarang, konsep komunikasi satu arah tidak digunakan lagi, contohnya seperti konferensi pers (mengundang media), saat ini sudah memasuki era sosial media marketing, yaitu dimana kita melakukan pemasaran sebuah produk dengan sosial media yang lebih interaktif. Contohnya, kita meng-upload foto produk yang kita perdagangkan di facebook atau twitter. Pada saat kita memasukkan foto tersebut, orang lain dapat langsung menanyakan mengenai produk tersebut, dan kita juga dapat langsung membalas komentar orang itu. Sangat interaktif ,cepat dan mudah.
New Media
• Era baru Jurnalisme
• Menyajikan semua jenis informasi’
• Convergent jounalism jadi trend
• Proses produksi cross media
• Jurnalis multi skill ( reporter dapat melaporkan foto, video, tulisan sekaligus)
Media online tidak dikuasai oleh beberapa media besar seperti MNC, Kompas, dan Jawa Post, kita memiliki kebebasan untuk memilih media di internet, dan sekarang sudah banyak media online baru yang muncul seperti kaskus, indowebster, dan lainnya yang dapat kita manfaatkan untuk memperoleh berita atau informasi.
No comments:
Post a Comment